img

Merasa Beban Kerja Terlalu Berat? Begini Cara Mengatasinya

BNI Hi-Movers, meskipun sekilas mengemban beban kerja yang berat terkesan keren, hal tersebut dapat membuatmu merasakan stres hingga burnout. Tentunya, workload berat akan berdampak pada buruknya performa kerja hingga work-life balance yang terganggu. Nah, berikut beberapa cara untuk mengelola workload yang berat.

1. Tentukan prioritas

Kamu bisa menentukan prioritas, baik itu dalam hal pekerjaan maupun kehidupan pribadi, sebagai cara mengelola workload yang berat. Dengan menentukan prioritas, kamu bisa membagi tanggung jawabmu dalam beberapa hal kecil yang bisa dikelola. Untuk melakukannya, bandingkan tugas apa yang paling penting untuk diselesaikan terlebih dahulu berdasarkan deadline hingga manfaat yang bisa didapatkan ketika menyelesaikannya.

2. Hilangkan distraksi

Cara lain untuk mengelola beban kerja yang berat adalah dengan menghilangkan distraksi. Menurut Lifehack, kamu akan sulit untuk kembali fokus selama 25 menit ketika merasa terdistraksi. Hal tersebut belum termasuk waktu yang dihabiskan saat terdistraksi. Jika dihitung kembali, berarti banyak waktu yang terbuang, bukan? Sehingga, kamu bisa mencoba untuk menghilangkan beberapa sumber distraksi seperti tidak membuka media sosial hingga mematikan notifikasi e-commerce di smartphone.

3. Ketahui batasan diri

Mengetahui batasan diri juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengelola beban kerja berat. Cobalah untuk mempraktikkan self-awareness saat bekerja untuk mengetahui batasan diri. Dengan begitu, kamu bisa turut mengevaluasi workload-mu saat ini dan bagaimana hal tersebut memengaruhimu.

4. Pastikan segala hal tertata rapi

Mengorganisir dan memastikan segala hal sudah rapi adalah salah satu cara untuk mengelola workload berat. Kegiatan seperti merapikan dokumen dan file digital membuatmu dapat mengaksesnya dengan lebih cepat. Hal tersebut tentu meningkatkan efektivitas kerjamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi planner untuk mengetahui beban kerja yang dimiliki. Dengan begitu, kamu bisa mengaturnya berdasarkan prioritas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa BNI Hi-Movers lakukan untuk mengelola beban kerja yang berat. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan jika dirasa workload yang diemban terasa terlalu berat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari burnout karena stres pekerjaan.

SHARE: