img

Yuk, Ketahui Ciri Pemikir Independen yang Sering Jadi Aset Perusahaan

BNI Hi-Movers, pemikir independen adalah seseorang yang dapat memiliki karier cemerlang dan biasanya menjadi aset berharga perusahaan. Nah, sudah tahukah kamu apa ciri-ciri pemikir independen? Menurut Entrepreneur, pemikir independen dapat menganalisis situasi berdasarkan penilaiannya sendiri ketimbang menerima opini dari orang lain.

Dengan begitu, ia dapat membuat cara unik dan kreatif ketika melakukan problem-solving. Nah, lalu, apa saja ciri-cirinya? Berikut pemaparannya untuk BNI Hi-Movers.
Ciri Pemikir Independen:

1. Menanyakan otoritas

Maksud dari menanyakan otoritas adalah kamu selalu mencoba untuk mencari solusi yang lebih efektif dari apa yang atasan berikan. Kamu menghargai dan menghormati pendapat atasanmu, tapi status tersebut bukan berarti mereka akan selalu benar. Sebagai contoh, jika atasan membuat sebuah workflow untuk proyek, pemikir independen akan mengusulkan cara yang lebih efektif untuk diterapkan.

2. Tidak mencari validasi

Ciri lain dari seorang pemikir independen adalah tidak mencari validasi dari orang lain. Hal ini karena seorang pemikir independen sudah termotivasi untuk mencari solusi terbaik terhadap suatu masalah. Sebagai contoh, seorang customer service yang berpikir independen akan lebih fokus memberi layanan terbaik bagi konsumen ketimbang rating dari performance review-nya.

3. Menolak bias kognitif

Bias kognitif adalah pola berpikir yang telah kamu buat berdasarkan pengalaman hidup. Adanya bias ini dapat memengaruhimu untuk membuat keputusan yang objektif. Sehingga, seorang pemikir independen akan mempelajari bagaimana cara dirinya menerima dan memahami informasi. Dengan melakukan hal tersebut, pemikir independen dapat bersikap objektif dan tidak memihak ketika membuat keputusan.

4. Memiliki kemampuan meneliti yang baik

Ciri lain dari seorang pemikir independen adalah kemampuan meneliti yang baik. Di mana, ia akan belajar dari berbagai sumber, seperti bertanya ke rekan kerja hingga membaca koran dan jurnal, untuk mendapatkan solusi terbaik bagi suatu masalah. Tidak hanya itu, ia juga bertanggung jawab atas interpretasi terhadap sumber-sumber yang dipelajari serta memastikan kredibilitasnya.

Itu adalah beberapa ciri dari seorang pemikir independen yang perlu BNI Hi-Movers ketahui. Nah, apakah kamu sudah memiliki ciri-ciri tersebut? Jika belum, tenang saja. Kamu bisa belajar mengembangkan dirimu terlebih dahulu, kok.

SHARE: