img

Resmi !! Indonesia Jadi Ketua Asean 2023, Simak Tugasnya Disini

BNI Hi-Movers, Indonesia resmi menjadi ketua ASEAN pada 2023. Hal itu ditandai dengan penyerahan keketuaan dalam Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu (13/11/2022).

Secara simbolis, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN.

"Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023. Keketuaan Indonesia akan menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari laman Setkab.
Kesempatan ini bukan pertama kali diterima oleh Indonesia. Sebelumnya, Indonesia sudah pernah menjabat sebagai ketua ASEAN sebanyak empat kali, yakni pada 1976, 1996, 2003, dan 2011.

Lantas, apa saja tugas ketua ASEAN?

Ditunjuk menjadi ketua ASEAN membuat Indonesia menerima tugas baru. Dilansir dari ASEAN, negara anggota ASEAN yang ditunjuk menjadi ketua ASEAN wajib menjalankan beberapa tugas. Pertama, wajib memimpin KTT ASEAN dan KTT terkait, Dewan Koordinasi ASEAN, tiga Dewan Komunitas ASEAN, Badan Kementerian Sektoral ASEAN terkait dan pejabat senior, serta Komite Perwakilan Tetap sebagaimana tertulis dalam Pasal 31 Piagam ASEAN.

Ketua ASEAN juga wajib secara aktif mempromosikan dan meningkatkan kepentingan dan kesejahteraan ASEAN, termasuk upaya membangun Komunitas ASEAN melalui inisiatif kebijakan, koordinasi, konsensus, dan kerja sama. Selanjutnya, ketua ASEAN harus memastikan sentralitas ASEAN dan memastikan tanggapan yang efektif dan tepat waktu terhadap isu-isu mendesak atau situasi krisis yang mempengaruhi ASEAN, termasuk menyediakan jasa-jasa baiknya dan pengaturan lain semacam.

Ketua ASEAN juga wajib mewakili ASEAN dalam memperkuat dan mempromosikan hubungan yang lebih dekat dengan mitra eksternal. Tak cukup sampai di situ, Ketua ASEAN harus melaksanakan tugas dan fungsi lain yang diamanatkan. Keketuaan ASEAN ini akan bergilir setiap tahun berdasarkan urutan abjad dari nama-nama negara anggotanya dalam bahasa Inggris.

Harapan ASEAN di masa depan

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa harapannya terkait dengan ditunjuknya Indonesia sebagai ketua ASEAN pada 2023. Dia mengatakan bahwa ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil dan damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia. ASEAN juga wajib secara konsisten menegakkan hukum internasional dan tidak menjadi proksi siapapun.

"ASEAN harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga berharap agar ASEAN menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan. Begitu juga dengan peningkatan kapasitas institusi ASEAN yang turut menjadi perhatian Presiden Jokowi untuk menjawab tantangan 20 tahun ke depan. Dengan begitu, pada 2045 ASEAN lebih adaptif, responsif, dan berdaya saing.

"Semua itu harus diperjuangkan dengan cara ASEAN yaitu konsisten dengan semangat kerja sama serta menjalankan Piagam ASEAN seutuhnya," tandas Jokowi.

SHARE: