img

Pentingnya Social Awareness, Berani Keluar dari Zona Nyaman

Hi BNI Hi-Movers, Apakah kalian mengenal mantan atlet Bulutangkis Indonesia yang memulai karir profesionalnya di tahun 2003 ini? Memulai karirnya sebagai atlet, ternyata sekarang Greysia Polii atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Greys diam-diam sedang belajar Digital Marketing untung memperdalam skillnya di dunia Bisnis.

Setelah Greys pensiun dari dunia Bulu Tangkis dan merasa mimpi-mimpinya sebagai atlet dunia telah terwujud, Greys memulai untuk masuk ke dunia bisnis.

Begitulah awal mula kisah Greys yang sekarang memiliki brand sepatunya sendiri. Seperti kebanyakan orang, Greys pun juga mengalami dase up-and down dan gagal dalam berbisnis. Kesadaran akan kekurangan dan kelebihannya lah yang terus membuat Greys memutuskan untuk terus belajar lebih giat lagi mengenai dunia bisnis.

Satu yang membuat Greys sadar dalam proses belajarnya yaitu, pentingnya Social Awareness. Yaitu, adanya lingkungan yang selalu mendukung kamu, dan Intrinsic Motivation (Memotivasi diri sendiri). Karena pasti tanpa disadari kita akan merasa “kecil hati” saat ada di tempat yang belum menjadi zona aman kita.

Ada beberapa alasan mengapa kita juga harus mengembangkan social Awareness

1. Agar kita tidak salah membaca orang dan lingungan sehingga ita juga salah dalam mengambil respon dan juga tindakan.
2. Agar mudah beradaptasi di lingkungan yang baru
3. Menumbuhkan rasa empati terhadap keadaan
4. Seseorang yang memiliki kesadaran sosial tinggi bisa menganalisa dan memahami pola respon lingkungan dan orang disekitarnya.
5. seseorang yang memiliki kesadaran sosial tinggi mampu membaca peta organisasi dengan tepat.
6. Kesadaran sosial yang tinggi dan membuat kita jarang memiliki konflik

Motivasi juga bisa sangat terlibat saat memahami bagaimana menggunakan faktor emosional untuk belajar dan mencapai sebuah tujuan.

Beberapa alasan diatas dapat memacu kita untuk terus mengembangkan keterampilan Social Awareness kita, sehingga kita dapat dengan mudah memahami seseorang dan dapat dengan mudah berempati dengan seseorang.

Jadi gimana nih BNI Hi-Movers, cukup menarik kan pengalaman Greys tersebut. Nah, kalau menurut BNI Hi-Movers apalagi karakter yang dibutuhkan untuk setiap orang untuk keluar dari zona nyaman kita sih? Tulis di kolom komentar yaa!

SHARE: