img

Sungkan Menolak Atasan Memberi Pekerjaan di Luar Job Desc? Begini Cara Mengatasinya

BNI Hi-Movers, kamu pasti pernah merasakan dilema ketika diberi pekerjaan di luar jobdesc sehari-harinya. Di satu sisi, kita sungkan menolak apalagi jika atasan yang memberi perintah secara langsung. Tapi, di sisi lain kita punya banyak pekerjaan yang belum rampung dan terancam molor dari deadline.

Dalam hal ini, keterampilan menetapkan batas dan menolak pekerjaan di luar jobdesc secara halus memang sangat diperlukan. Misalnya dengan mengikuti beberapa cara dari pakar karier. berikut ini supaya kita tidak overworked karena tidak enak hati menolak permintaan atasan. Seperti apa?

1. Memilih waktu yang tepat untuk menolak

Kebanyakan atasan meminta kita melakukan pekerjaan tambahan dengan kalimat yang sopan, seperti "Bisakah kamu melakukan ini?". Pertanyaan ini mungkin bagaikan buah simalakama, jika mengatakan "ya" maka pekerjaan kita akan bertambah. Namun jika menolak, kita khawatir dengan masa depan karier di kantor.

Untuk pertanyaan serba sulit tersebut kita dapat memberikan tanggapan apabila permintaan atasan masuk akal. Pasalnya belajar menyelaraskan prioritas atasan dengan kepentingan karyawan adalah cara terbaik mengelola kehidupan pribadi dan karier. Seringkali atasan tidak menyadari bahwa permintaannya membuat karyawan overload pekerjaan. Pelatih karier Jasmine Escalera menyarankan menolak permintaan atasan dengan menekankan dampaknya pada inefisiensi pekerjaan kita.

2. Memberi tahu rekan kerja

Pekerjaan tambahan di luar jobdesk bisa juga datang dari rekan kerja yang, barangkali, meminta bantuan. Untuk masalah itu karyawan dapat menolak bila tidak bertanggung jawab kepada rekan kerjanya. Cukup katakan,

"Maaf, saya tidak dapat membantu kamu dengan ini sekarang,".

Kita juga bisa menawarkan untuk membantu di lain waktu atau menyarankan untuk minta bantuan rekan kerja yang lain. “Idenya adalah untuk menjadi ramah dan membantu tanpa mengatakan ‘ya’ jika kamu tidak punya waktu untuk melakukannya,” kata Presiden Konsultan Pengembangan Kepemimpinan Careerstone Group, Mary Abbajay. Jika terlalu sungkan menolak permintaan tersebut, berisiko membebani diri sendiri dan mengganggu ritme kerja kita.

3. Menolak dengan menawarkan solusi yang lain

Kesalahan terbesar karyawan menurut Brown adalah tidak menawarkan solusi lain ketika menolak pekerjaan tambahan dari atas. “Jangan berhenti diidentifikasi saja, karena nanti kamu akan dianggap komplain, meski itu atau keluhan adalah hal yang sah,” ujarnya.

Pastikan untuk menolak permintaan tersebut dalam bahasa yang formal sekaligus menjelaskan soal pekerjaan kita yang ingin diprioritaskan. "Misalnya, kamu dapat mengatakan 'Jika saya membantu kamu sekarang, maka saya akan menyelesaikan tugas atau proyek ini di kemudian hari, apakah itu memungkinkan'", kata psikolog organisasi perusahaan konsultan Gallaher Edge, Laura Gallaher.

Jika hal-hal diatas sulit BNI Hi-Movers lakukan, coba kamu libatkan atasan yang lebih tinggi untuk memberikan solusi tersebut ya, sehingga dapat ditemukan jalan keluarnya.

SHARE: