img

Gelombang Panas Ancam Eropa Resesi, RI Bagaimana?

Gelombang panas yang dikenal heatwave, lagi melanda berbagai belahan dunia loh Hi-Movers. That’s why, berita kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sering banget kita dengar!

Yang sedang parah ini terjadi di California, Amerika Serikat. Gelombang panas juga disebabkan oleh krisis iklim yang semakin parah, Hi-Movers. Di titik ekstrim ini mengganggu perekonomian. Kok bisa?

Jadi, kelembaban wilayah semakin minim ni, akibat cuaca panas menyentuh 40 derajat Celcius bahkan lebih, pepohonan juga jadi kering kerontang!

Inilah yang menimbulkan titik api yang membuat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) makin terpantik khususnya di Mariposa County, California.

Dituturkan, ekonomi Eropa mampu terdorong ke jurang resesi sebagai dampak heatwave ekstrim. Sementara sejumlah negara di benua Eropa itu diantaranya Spanyol, Portugal, Prancis, Yunani, dan Italia. Cuaca panas pun telah berlangsung dalam dua pekan ini.

“Cuaca ekstrim menambah kekhawatiran pelemahan bisnis di Eropa,” kata Carsten Brzeski, seorang ekonom top di Bank ING Belanda seperti dilansir CNN.

Kalau di Indonesia, Hi-Movers, suhu panas terik berkisar 34-36 derajat Celcius, Indonesia tidak mengenal fenomena gelombang panas ini.

Definisi heatwave, menurut WHO, juga merupakan kondisi udara panas berkepanjangan selama 5 hari atau lebih berturut-turut.

Kalau menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Bapak Guswanto, fenomena heatwave biasanya terjadi di wilayah lintang menengah dan tinggi, ini seperti di Eropa dan Amerika. Sehingga, heatwave juga biasanya terjadi di periode musim panas di wilayah Eropa atau Amerika.

Jika di Indonesia suhu panas merupakan fenomena harian dan lebih sering terjadi di musim kemarau. "Sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari," katanya.

Tapi, cuaca panas tetaplah menyebabkan serangkaian gangguan kesehatan, seperti pusing, heatstroke, kram panas dan hipertermia.

Nah, BNI Hi-Movers ayo sama-sama jaga kondisi tubuh di kondisi yang amat terik ini ya. Pastikan diri selalu cukup terhidrasi!

SHARE: