img

Yuk, Ketahui Penyebab Sulit Mengingat Sesuatu

BNI Hi-Movers, kehilangan ingatan biasanya dikaitkan dengan demensia atau alzheimer. Contoh paling mudah dalam kelupaan sesuatu diantaranya, lupa meletakkan kunci rumah, melupakan agenda penting dengan kawan atau bahkan tak ingat nama kenalanan bisa dialami siapa saja. Kita bisa mendadak kehilangan ingatan di waktu atau momen yang tak terduga sehingga menganggapnya sebagai penurunan kemampuan otak.

Namun, bukan itu saja yang membuat seseorang kesulitan mengingat sesuatu, menurut neuropsikolog Aaron Bonner-Jackson, PhD. "Tidak semua kehilangan memori harus membuat kita khawatir tentang penyakit alzheimer," sebutnya. Ada banyak penyebab lain dari kehilangan memori, dan pada sebagian besar kasus dapat diobati. Kesulitan mengingat dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Depresi dan Kecemasan
Individu yang mempunyai masalah kesehatan mental bisa mengalami kehilangan ingatan, orang yang mengalami depresi atau kecemasan mungkin merasa lebih sulit untuk mengingat kenangan, peristiwa, atau fakta tertentu. Baik demensia maupun depresi dapat menyebabkan berkurangnya materi abu-abu di otak. Materi abu-abu bertanggung jawab atas memori dan emosi.


2. Cedera Kepala
Amnesia adalah keluhan umum yang dialami individu setelah mengalami cedera kepala. Jika kita cedera kepala bertahun-tahun yang lalu dan mengalami masalah terus-menerus dengan fungsi kognitif kita seperti rasa berkabut atau melambat, sulit berkonsentrasi, kehilangan ingatan atau kebingungan, bicarakan dengan Dokter.

Juga, pastikan untuk mengungkapkan setiap perubahan suasana hati atau tidur, kesulitan berkata-kata, serta perubahan perhatian dan pemrosesan informasi. Efek jangka panjang dari cedera kepala dapat menyebabkan kecacatan sebagian atau total yang bisa mencegah pemulihan fungsional dan psikososial seseorang.


3. Long COVID
Salah satu gejala Covid-19 yang berkepanjangan adalah kabut otak yang berlanjut. Individu yang berjuang dengan efek long covid mungkin memiliki masalah nyata dengan perhatian, memori, dan fungsi eksekutif. Studi menemukan masalah tersebut baik pada orang dengan Covid-19 yang tidak dirawat di rumah sakit maupun mereka yang dirawat di rumah sakit serta orang yang memiliki kasus parah.

So, jika BNI Hi-Movers, tiba-tiba susah mengingat sesuatu, bisa jadi beberapa faktor di atas lah yang menjadi penyebabnya.

SHARE: