img

Cara Efektif Meredam Hasrat Belanja Jelang Akhir Tahun

BNI Hi-Movers,

Sebentar lagi tahun baru 2023 nih, Biasanya, di akhir tahun, pusat perbelanjaan atau mal hingga online shopping menggelar pesta diskon besar-besaran. Rasa ingin belanja pasti membuncah. Segala hal dibeli tanpa memikirkan pengeluaran. Setelah itu, baru deh nyesel kalau ternyata barang yang dibeli enggak perlu-perlu amat. Nah, biar kantong aman, yuk ikuti 5 tips sederhana dari ZAP Finance di bawah ini untuk meredam hasrat belanja!

1. Manfaatkan Fasilitas Autodebet untuk Membagi Penghasilan Setiap Bulan
Kalian perlu menyusun anggaran pengeluaran atas penghasilan yang kalian terima. Pos-pos pengeluaran perlu diidentifikasi agar kalian mengetahui berapa banyak dana yang sebenarnya tersedia untuk setiap jenis pembelanjaan. Berdasarkan rencana pengeluaran, kalian dapat mengetahui berapa jumlah uang yang perlu di-autodebet untuk masing - masing pos alokasi. Untuk mempermudah, satu rekening sebaiknya digunakan untuk satu pos pengeluaran.

2. Batasi Uang Belanja saat ke Mal atau Online Shop
Salah satu alasan yang membenarkan seseorang untuk terus berbelanja adalah kesediaan dana untuk membeli barang. Jadi selama masih ada uang atau kartu di dompet, bisa jadi kalian akan terus berbelanja tanpa sadar. Oleh karena itu, batasi uang belanja atau saldo yang tersedia di kartu debit yang kalian bawa ketika kalian berpergian ke mal. Sedangkan, untuk belanja online, kalian dapat gunakan satu rekening khusus kebutuhan belanja. Selain lebih aman, kalian tidak perlu lagi khawatir karena dompet dan limit kartu kalian akan bertugas sebagai wasit yang memperingatkan batas maksimum dana belanja. Batasan ideal untuk trip ke mal adalah maksimal 5% dari gaji setiap bulannya.

3. Usahakan untuk Mencatat Kebutuhan Belanja
Solusi lain yang bisa kalian manfaatkan adalah menuliskan kebutuhan barang yang akan dibeli. Catatan tersebut bisa membantu kalian untuk fokus berbelanja sesuai tujuan awal. Sehingga kalian tidak memiliki kesempatan untuk melihat - lihat barang atau toko lain yang bisa membuat kalian tergoda untuk berbelanja hal- hal yang ternyata tidak dibutuhkan.

4. Stop Kartu Kredit jika Perlu
Jika setiap bulan masih belum berhasil meredam hasrat belanja, maka ada baiknya kalian menghentikan penggunaan kartu kredit selama 6 bulan ke depan.

5. Bongkar Isi Lemari
Salah satu trik untuk mengurangi keinginan belanja adalah dengan melakukan pembongkaran isi lemari. Coba evaluasi barang-barang yang sudah kalian miliki saat ini. Seberapa sering barang digunakan? Apakah perlu untuk diganti dengan yang baru?

SHARE: