img

Ide bisnis sampingan dengan waktu dan usaha minimal.

Padahal, sebetulnya ada beberapa pilihan bisnis sampingan yang membutuhkan sedikit saja waktu Anda, dengan usaha yang boleh dibilang minimal.

  1. Jualan Pulsa

    Saat ini, pulsa menjadi kebutuhan primer setiap orang. Siapapun tidak bisa lepas dari hal yang satu ini, baik untuk komunikasi, proses kerja, hingga kuota internet. Menjual pulsa sangat menjanjikan, menguntungkan, dan mudah dilakukan. Transaksinya pun relatif cepat, hanya bermodalkan handphone.

    Bicara modal, tentu Anda bisa menyesuaikan modal awal pembelian pulsa sesuai kantong. Selain itu, sangat fleksibel bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun, bahkan saat Anda bekerja.

    Yang terpenting, risikonya minim, karena produk yang dijual bukan lah barang fisik, sehingga Anda tak perlu khawatir dagangan Anda rusak.

  2. Jasa Penerjemah

    Anda pintar berbahasa asing? Inggris, Jepang, Rusia, Arab atau Mandarin? Coba manfaatkan keahlian ini dengan bekerja sebagai seorang penerjemah.

    Ada banyak industri yang memerlukan jasa penerjemah, mulai dari penerjemah website, buku, hingga dokumen. Penerjemah saat ini bisa dilakukan secara online. Atau, Anda bisa juga berselancar menjadi freelancer online. Lihatlah di Fastwork, Sribulancer, dan Freelancer.

    Modalnya, cuma laptop dan jaringan internet, termasuk keahlian bahasa. Tapi ingat, pekerjaan menerjemahkan ini biasanya diberikan tenggat waktu (deadline) yang harus Anda penuhi. Jadi, Anda harus meluangkan sedikit waktu.

  3. Copywriter

    Bisnis sampingan lain yang tak kalah menjanjikan adalah copywriter. Bisnis ini hanya membutuhkan keahlian menulis, serta jiwa kreatif dalam merangkai kata-kata. Apabila Anda memiliki keterampilan ini, manfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan cuan. Apalagi, sekarang ini banyak industri membutuhkan copywriter untuk menunjang strategi pemasaran bisnis mereka.

  4. Desain Grafis atau Editor Multimedia

    Nah, Anda yang bekerja di bidang desain grafis dan ingin memiliki penghasilan tambahan, Anda bisa mencoba juga bisnis samping serupa. Pekerjaan yang sama, upah dari mana-mana.

    Anggap lah Anda sedang menjual karya ke luar perusahaan. Desain Anda bisa digunakan sebagai logo kampanye perusahaan, pakaian, poster, kartu nama, dan lain sebagainya. Keuntungannya? Kreativitas Anda bertambah, uang pun bertambah.

    Bagaimana dengan modal? Tentu, Ada harus memiliki laptop dengan aplikasi yang mumpuni dan jaringan internet. Selebihnya, Anda hanya perlu memasarkan keahlian di situs-situs freelance, baik domestik maupun di luar negeri, seperti Upwork.com dan 99designs.com.

  5. Progammer atau Developer

    Keahlian ini jangan sampai disia-siakan. Anda bisa membuka bisnis sampingan membuat aplikasi atau bergabung dengan situs-situs freelance untuk mendapatkan proyek sesuai keinginan Anda.

  6. Jasa Ketik

    Bisnis sampingan ini relatif mudah dilakukan, dari sisi modal maupun waktu. Anda pun bisa melakukannya dimana saja, selama memiliki laptop atau komputer dengan jaringan internet. Jasa ketik ini tidak membutuhkan keahlian khusus layaknya programmer atau copywriter. Siapa pun, gender dan usia pekerja, bisa melakukannya.
  7. Jual Karya Foto

    Jika Anda punya hobi foto memotret, tapi tidak punya cukup waktu untuk menjadi fotografer, Anda bisa mempertimbangkan bisnis sampingan 'iseng-iseng' dengan menjual karya foto. Ada banyak situs penjual foto ternama, seperti Shutterstock, iStock, Fotolia dan situs-situs lainnya yang menampung karya foto dari masyarakat umum. Di Indonesia, Anda bisa mulai lewat Stockshot.

    Karya foto yang Anda jual pun tak harus baru. Koleksi dari kamera, laptop dan handphone bisa Anda keluarkan, termasuk video pendek. Keahlian mengedit foto bisa jadi nilai tambah.

 

Nah itu beberapa ide bisnis yang BNI Hi-Movers lakukan dengan waktu dan usaha yang minim. Sambil menyelam minum air, sambil mencari uang tambahan bisa sekalian mengasah skill lho BNI Hi-Movers.

SHARE: