img

Cara Meminimalkan Tagihan Listrik di Rumah

Hal ini tergantung bagaimana penggunaan alat elektronik sehari-hari, apakah alat elektronik yang digunakan banyak dan beragam atau tidak.

Dilansir Decor Tips, jika ingin menghemat listrik, kita akan memiliki dua tujuan, yakni membantu menghemat uang dan berkontribusi pada keberlangsungan bumi. Untuk menghemat listrik di rumah, berikut beberapa tipsnya.

1. Cabut kabel colokan peralatan elektronik
Ini adalah salah satu tips paling efisien untuk meminimalkan biaya listrik. Ternyata konsumsi energi terus berlanjut ketika membiarkan pengisi daya ponsel terhubung.

Ini juga berlaku saat meninggalkan TV dalam mode siaga atau standby.

Meskipun kita tidak menggunakan item tersebut, item tersebut akan terus menggunakan listrik dan berdampak pada tagihan listrik. Karena itu, BNI Hi-Movers harus memutuskan sambungan peralatan apa pun yang tidak digunakan.

2. Gunakan kapasitas maksimum oven 
Salah satu alat yang paling banyak mengonsumsi listrik adalah oven. Untuk mengefisienkan penggunaan alat ini, panaskan terlebih dahulu dengan pintu tertutup untuk menjaga panas dan menghindari pemborosan listrik.

Selain itu, setiap kali menggunakannya, pastikan menggunakannya dengan kapasitas penuh. 

3. Perhatikan penggunaan AC
Untuk mengurangi pengeluaran energi dan dampak ekonomi, pilih suhu rata-rata (jangan terlalu rendah) dan hindari membuka jendela agar udara dingin tidak keluar.

Dengan cara yang sama, selalu pertimbangkan apakah kita benar-benar perlu menggunakannya. Jika panasnya tertahankan dan ada angin sepoi-sepoi, matikan alat dan buka jendela.

Biarkan rumah dingin secara alami bila memungkinkan.

4.Tingkatkan pencahayaan rumah dan minimalkan listrik
Untuk meningkatkan pencahayaan rumah BNI Hi-Movers dan membuatnya lebih berkelanjutan, ganti bola lampu tradisional dengan lampu LED yang lebih efisien. Jenis bohlam ini mengurangi konsumsi listrik hingga 10 persen dan memiliki masa pakai yang lebih lama dari pada yang tradisional.

Menghitung pengurangan sumber daya dan masa pakainya, kita berbicara tentang penghematan energi 85 persen. Untuk daya cahaya yang lebih besar, bersihkan bohlam untuk menghilangkan jejak debu dan lemak yang mengurangi kapasitasnya.

Sama halnya, kita juga bisa memanfaatkan cahaya alami untuk menerangi rumah di siang hari. Tempatkan area kerja atau belajar di dekat jendela untuk menikmati pencahayaan alami.

Jangan lupa juga untuk mematikan lampu saat tidak digunakan.

5. Lakukan perawatan preventif pada jaringan listrik
Saran terakhir berkaitan dengan tinjauan konstan dan preventif terhadap jaringan energi. Ini bermanfaat karena kebocoran dapat meningkatkan biaya tagihan listrik secara signifikan.

BNI Hi-Movers dapat menyewa layanan khusus atau melakukan tes sendiri. Melakukannya sendiri relatif mudah dan bisa memulainya dengan mencabut semua peralatan elektronik yang  ada di rumah.

Pastikan pemutus sirkuit mati dan periksa meteran listrik.

Jika masih mencatat konsumsi sekecil apa pun, itu akan mengartikan bahwa listik memiliki kebocoran. Dalam hal ini, sebaiknya hubungi teknisi untuk memeriksa jaringan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan

Nah, BNI Hi-Movers itu 5 cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik di rumah. Selalu ingat ya! Dengan membatasi penggunaan listrik kita bisa menghemat biaya dan ikut dalam menjaga bumi!
SHARE: