img

Jangan Sembarangan Klik Ya! Saat Ini Banyak Sekali Modus Penipuan Menggunakan File PDF

BNI Hi-Movers, perkembangan teknologi dan digitalisasi telah memberikan banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Sayangnya, kemudahan tersebut berbanding lurus dengan banyaknya ancaman modus penipuan, salah satunya phising di WhatsApp.

Selain menggunakan aplikasi .APK, para komplotan kini juga mengubah modus menjadi mengirimkan file PDF. Maka dari itu, kita perlu meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan. 

Do's
1. Abaikan chat dari nomor tak dikenal
Kalau memungkinkan, block atau delete chat dari nomor yang mencurigakan. 

2. Tidak klik link sembarangan
Jangan mengeklik link atau file APK maupun pdf dari nomor atau email yang tidak dikenal dan mencurigakan.

3. Cek keaslian nomor
Saat menerima chat dari nomor asing, kamu perlu mengecek keaslian nomor tersebut dengan menggunakan aplikasi seperti Get Contact.

4. Teliti dalam mengenali pdf asli dan palsu
Logo file pdf seharusnya memiliki logo berwarna putih bertuliskan PDF font merah dan file PDF asli memiliki detail lebih rinci

Dont's

1. Bersikap gegabah
Ketika menerima link atau file dari nomor tak dikenal, jangan dibuka. 

2. Menggunakan WiFi publik
Guna menghindari phising, jangan pernah bertransaksi keuangan dengan WiFi publik.

3. Terkecoh dengan nama extension file
Saat ini, phising tak hanya melalui aplikasi APK melainkan juga file PDF. Nama extension file phising umumnya ".Pdf", sedangkan extension file biasanya huruf kecil semua (.pdf)

Cara terbaik agar terhindar dari modus penipuan ini ialah bersikap kritis dan tak bersikap gegabah. Selain itu, update wawasan kamu terhadap modus penipuan terbaru agar kamu bisa lebih waspada ya BNI Hi-Movers.

SHARE: