img

Whatsapp Lebih Aman dengan End-to-end Encryption, Apa Sih Itu?

Secara singkat, sistem keamanan end-to-end encryption memastikan bahwa hanya pengguna dan orang yang berkomunikasi dengan  pengguna yang dapat melihat pesannya. Enkripsi sendiri berarti pengodean data agar tak bisa dibaca sembarangan pihak yang tak memiliki kuncinya. Sementara end-to-end atau ujung ke ujung merujuk pada pengirim dan penerima pesan. 

Lalu gimana sih cara kerjanya?

BNI Hi-Movers gak perlu khawatir, karena pesan yang dienskripsi, akan diubah kedalam sebuah kode acak rahasia sehingga informasi sebenarnya tidak bisa dibaca. Metode itu disebut juga dengan kriptografi. Apabila di tengah pengiriman pesan terenkripsi ada penyusup yang ingin mengitntip pesan, si penyusup ini harus menebak sandi mana yang digunakan pengirim untuk mengenkripsi pesan tersebut dan  variabel mana yang digunakan sebagai kunci untuk membuka pesan. 

Untuk melindungi seluruh percakapan yang ada di akun kamu, WhatsApp menggunakan Signal Protocol yang dikembangkan oleh Open Whisper System. Protokol yang sama juga digunakan oleh pesaing WhatsApp, Signal untuk melindungi percakapan diaplikasinya. 

End-to-end encryption sendiri cara kerjanya, ketika pertama kali membuka aplikasi WhatsApp , ada dua kunci berbeda yang dihasilkan, yaitu kunci publik dan privat. Kunci privat akan tetap dipegang pengguna, sementara kunci publik akan ditransfer ke penerima melalui server pusat WhatsApp. Kunci publik tersebut mengenkripsi atau melindungi pesan yang dikirim pengguna, bahkan sebelum pesan sampai ke server pusat. Singkatnya, selama perjalanan, pesan yang terenkripsi akan tersandi dan sangat sulit diretas dan diintip pihak yang tak berhak, termasuk pihak WhatsApp.

Kamu bisa mengecek apakah pesan kamu terenskripsi atau tidak, cukup buka info kontak dengan mengetuk nama kontak. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan menu "enkripsi". Dalam menu tersebut ada keterangan berbunyi "pesan dan panggilan dilindungi end-to-end encryption/message and calls are end-to-end encrypted." Jadi kamu gak perlu khawatir lagi untuk mengirim pesan BNI Hi-Movers. Eits tapi meskipun terenskripsi end-to-end, jangan lupa untuk selalu beretika dalam mengirim pesan  yaa!

SHARE: