img

Mengenal Threads, Aplikasi Baru Besutan Meta yang Mirip Twitter

Meta, induk perusahaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp, resmi merilis aplikasi media sosial baru bernama Threads. Aplikasi ini digadang-gadang bakal menggeser Twitter. Lalu, apa itu Threads? Simak ulasannya, ya!

Threads merupakan aplikasi media sosial dengan layanan percakapan berbasis teks. Threads juga bisa dipahami sebagai aplikasi microblogging atau wadah untuk berbagi konten berisi teks singkat. Di Meta, Threads dikembangkan langsung oleh tim Instagram. Inilah alasannya aplikasi Threads bisa terhubung langsung dengan Instagram.

Untuk mengakses Threads, pengguna diwajibkan login menggunakan akun Instagram. Saat awal login, pengguna bisa mengimpor langsung profil Instagram ke Threads. Kemudian, pengguna diberikan pilihan untuk mengikuti pengguna lain yang sebelumnya telah diikuti pada akun Instagram. Jika pengguna lain itu telah menggunakan Threads, pengguna bakal secara otomatis mengikutinya saat telah klik tombol "Follow”

Secara tampilan, Threads memang terlihat sangat mirip dengan Twitter. Threads memiliki tampilan yang cukup sederhana dengan dua warna dasar yaitu hitam dan putih. Secara fitur, Threads memiliki lima menu utama, yakni halaman linimasa, pencarian, pembuat postingan, aktivitas, dan profil.

Di menu linimasa, pengguna bisa melihat semua postingan pengguna yang lain. Di setiap postingan, Threads menyediakan empat pilihan tindakan yang fungsinya mirip dengan yang ada di Twitter. Ada "Reply” untuk membalas postingan, "Like" untuk menyukai postingan atau utas, posting ulang dan kutipan (Repost dan Quote) dan "Share" untuk membagikan postingan.

Selain itu, medsos besutan Meta ini memungkinkan penggunanya untuk membuat satu postingan teks dengan panjang maksimal 500 karakter. Selain itu pengguna bisa menambahkan gambar atau foto, tautan, dan video berdurasi hingga 5 menit.

Saat membuat postingan, pengguna bisa mengatur langsung siapa yang dapat berinteraksi dengan unggahannya. Pengguna bisa membagikan postingan pada publik, pada profil yang diikuti, atau hanya pada orang yang disebutkan (mention).

Fitur Threads lainnya adalah pengguna dapat melakukan filter untuk tidak menampilkan postingan dengan kata-kata tertentu. Dalam hal privasi, Threads juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyenyapkan pengguna lain agar notifikasi postingannya tidak disajikan.

Meski fitur Threads secara umum mirip Twitter, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Misal, Threads saat ini belum menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri tren melalui tagar. Selain itu, Threads juga belum tersedia fitur pesan langsung (Direct Message).

Saat ini, Threads sudah tersedia di toko aplikasi untuk ponsel Android dan iOS namun belum tersedia dalam versi website. Bila hendak mencobanya, silakan unduh Threads melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone). Saat ini banyak pengguna baru yang tengah merasakan euforia kehadiran Threads dan berharap aplikasi ini bisa lebih baik ketimbang Twitter.

BNI Hi-Movers, jika kalian sudah mengunduh / mendownload aplikasi Threads yang sudah terafiliasi dengan akun intagram dan ingin menghapus kembali aplikasi Threads maka secara otomatis akun pada instagram kalian juga akan otomatis terhapus juga. Nah, gimana tertarik untuk download atau unduh aplikasi Threads ?

SHARE: