img

Hati-hati! Modus Penipuan Baru Salah Transfer Rekening

BNI Hi-Movers, dewasa ini, penipuan makin sering terjadi, salah satu yang terbaru ialah modus salah transfer yang ternyata jebakan dari pinjaman online atau kerap disebut pinjol. Dalam modus ini, korban akan ditransfer sejumlah uang. Setelah itu, komplotan akan menghubungi korban dengan mengaku bahwa uang tersebut salah transfer.

Komplotan tersebut pun akan meminta korban untuk mengembalikan uang tersebut dengan cara mengirimkannya ke rekening lain. Ketika uang itu telah dikirimkan, maka korban akan menanggung beban tagihan dari pinjol tersebut.

Penipuan berkedok salah transfer ini merupakan salah satu serangan social engineering yang sangat perlu diwaspadai lantaran hal tersebut merupakan tindakan memanipulasi seseorang untuk mendapatkan data atau informasi bersifat pribadi dan rahasia. Nah, agar tak menjadi korban, ada beberapa do's dan dont's yang perlu diterapkan:

Do's
1. Abaikan saat dihubungi oleh pihak yang mengaku salah transfer lalu mengarahkan penerima untuk melakukan transfer balik dan meminta penerima mengunduh suatu aplikasi atau mengklik link yang diberikan untuk menyampaikan bukti transfer

2. Bagi yang terlanjur menerima dana transfer segera menghubungi bank dan tidak langsung melakukan transfer balik ke pelaku pinjol

3. Tidak klik link sembarangan
Jangan mengeklik link sembarangan dari nomor atau email yang tidak dikenal dan mencurigakan

4. Jaga kerahasiaan data
Jangan pernah membagikan password/PIN ATM/OTP, token, user ID pada siapa pun, termasuk pada pihak yang mengaku sebagai BNI.

*Dont's :*

1. Bersikap impulsif
Hindari bersikap gegabah dengan cara tidak langsung mentransfer balik ke penipu. Sebaliknya, segera hubungi dan laporkan penipuan ke BNI agar segera ditindaklanjuti. 

2. Menggunakan WiFi publik
Demi terhindar dari phising, jangan pernah bertransaksi keuangan dengan WiFi publik.

Pada akhirnya, hal terpenting yang perlu kamu lakukan saat menerima informasi mencurigakan ialah menghubungi pihak BNI lewat kontak resmi. Kontak resmi BNI yang bisa dihubungi ialah 1500046, WhatsApp 08115881946, Twitter @BNI, atau email bnicall@bni.co.id. Pastikan kamu menghubungi nomor resmi BNI dengan centang biru atau yang tertera di media sosial resmi BNI, kalau bukan berarti itu nomor palsu ya BNI Hi-Movers.

SHARE: