img

Positif Covid-19 Tambah 1.681 Kasus, Simak 7 Cara Mencegahnya

Sementara jumlah pasien yang pulih dari infeksi virus corona bertambah 1.866 dari hari sebelumnya sehingga total 5.935.845 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Nah, untuk menekan angka penyebaran agar angka penularan tidak semakin tinggi, yuk simak 7 tips mencegah virus Covid-19 varian BA.4 dan BA.5.

1. Vaksinasi lengkap dan booster

Setiap orang direkomendasikan untuk segera mendapatkan vaksinasi dosis lengkap ditambah dengan dosis ketiga atau vaksin booster. Studi menunjukkan vaksinasi Covid-19 dapat mencegah penularan dan mengurangi keparahan gejala Covid-19.

2. Pakai masker dengan baik

Orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 tetap harus memakai masker untuk mencegah reinfeksi. Gunakan masker dengan proteksi terbaik seperti N95 dan KN95. Proteksi masker ini lebih baik daripada masker bedah. Proteksi masker bedah juga lebih baik daripada masker kain.

3. Menjaga jarak

Selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter. Berada terlalu dekat dapat meningkatkan risiko infeksi ulang.

4. Hindari keramaian

Sebisa mungkin tetap beraktivitas dari rumah. Jika keluar rumah, hindari berada di keramaian.

5. Mencuci tangan

Selalu rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Pasalnya, virus corona dapat hinggap di tangan dan masuk ke dalam tubuh.

6. Ruangan dengan sirkulasi udara

Pastikan Anda selalu berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Misalnya memiliki ventilasi, jendela, dan sebagainya.

7. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi ulang. Oleh karena itu, selalu jaga daya tahan tubuh Anda. Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan asupan makanan bergizi, tidur yang cukup, mengelola stres, dan olahraga teratur.

Itulah 7 cara mencegah yang bisa BNI Hi-Movers lakukan, agar virus Covid-19 Ba.4 dan Ba.5 tidak semakin tinggi penyebarannya. Yuk, kita terapkan biar pandemi ini segera berubah menjadi endemi dan kita bisa terbebas dari masker.

SHARE: