img

3 Tahun Transformasi BNI Hasilkan ROE Solid dan Berkualitas

BNI Hi-Movers, berhasil menutup tahun 2023 dengan kinerja yang solid dan juga berkelanjutan, berkat program transformasi dalam tiga tahun terakhir yang berjalan dengan baik.

Keberhasilan transformasi BNI mendorong penguatan fundamental sekaligus struktur bisnis sehingga BNI lebih siap dalam menghadapi dinamika dan tantangan ekonomi ke depan. Keberhasilan ini tercermin dari rasio Return on Equity (ROE) terus tumbuh solid dan berkualitas. BNI mencatatkan ROE 15,2% pada 2023, naik 30 basis poin dari posisi 14,9% di tahun 2022. Pencapaian ini diperoleh di tengah nilai modal atau ekuitas yang terus meningkat, sehingga menunjukkan profitabilitas Perseroan yang tumbuh secara berkelanjutan.

Kredit di tahun 2023 tumbuh 7,6% Year on Year (YoY), mencapai Rp695 triliun, didorong oleh ekspansi di segmen berisiko rendah, yaitu korporasi blue chip baik swasta dan BUMN, kredit konsumer, dan Perusahaan Anak. Kredit korporasi blue chip swasta dan BUMN tumbuh 14,3% YoY dan 11,8% YoY, kredit konsumer naik 13,6% YoY, serta kredit Perusahaan Anak yang tumbuh 134% YoY.

Sebagai dampak dari akselerasi kredit di segmen berisiko rendah, kualitas aset terus membaik yang terlihat dari penurunan rasio Non Performing Loan (NPL) menjadi 2.1% di akhir 2023 dan rasio Loan at Risk (LaR) di level 12.9%.

Kinerja yang berkelanjutan ini juga didukung pengembangan inisiatif digital, dimana Perseroan melakukan berbagai inovasi pada setiap touch points pelanggan. Di tahun 2023, BNI Mobile Banking mencatatkan volume transaksi hingga Rp1.216 triliun atau tumbuh 52% YoY, dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 16 juta user. BNIDirect, sebagai solusi digital bagi nasabah perusahaan juga mampu menjadi salah satu penguat kinerja cash management yang pada tahun 2023 telah mencapai nilai transaksi sebesar Rp 6.926 triliun.

Dengan pencapaian tersebut, BNI yakin dapat mencapai profitabilitas yang sehat dan berkelanjutan.

BNI mengapresiasi segenap pemegang saham BNI dan masyarakat atas kepercayaan yang diberikan terhadap kuatnya fundamental kinerja Perseroan. Proses transformasi di BNI secara konsisten memberikan outlook yang positif terhadap kinerja ke depan.

SHARE: