img

Skill Digital yang Perlu Kamu Kuasai untuk Bersaing di Era Industri Digital

BNI Hi-Movers, saat ini masyarakat bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia semakin dekat dengan dunia digital. Hal ini dapat terjadi karena perkembangan teknologi yang begitu pesat bahkan muncul banyaknya teknologi baru. Oleh karena itu, manusia dibutuhkan untuk dapat memanfaatkan teknologi tapi nggak semua orang punya keterampilan tersebut.

Digital skill atau kemampuan digital merupakan kemampuan dalam memahami, menggunakan, dan memanfaatkan perangkat digital dalam mengakses dan mengelola informasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka digital skill menjadi suatu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki.

Bahkan, saat ini juga ada cukup banyak posisi pekerjaan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Seperti Data Analyst and Scientist, Big Data Specialist, Digital Marketing Specialist, dan Digital Transformation Specialist. Di bawah ini ada beberapa digital skill yang penting untuk kamu ketahui dan kuasai agar dapat bersaing di era industri digital.

1. Data Analytics
Digital skill yang pertama adalah Data Analytics. Ini adalah kemampuan dalam melakukan pemeriksaan dan pengolahan data dari berbagai sumber untuk menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. Pemanfaatannya bukan hanya di sektor industri, tapi juga banyak digunakan dalam membantu pengembangan suatu bisnis.

2. Internet of Things
Kemampuan yang kedua adalah Internet of Things, suatu konsep yang memungkinkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan berbagai device dan dapat dikendalikan dengan mudah. Implementasi IoT ini juga semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya teknologi internet. Karena yang menjadi kunci utama dari terealisasinya internet of things adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

3. Search Engine Optimization
Yang satu ini mungkin kamu sudah nggak asing lagi. Search Engine Optimization atau SEO, udah pernah dengar? ini merupakan salah satu skill yang penting dalam digital marketing. Orang yang punya keahlian di bidang ini biasanya disebut dengan SEO Specialist. Tugas utama dari SEO specialist adalah memastikan performa situs dari produk digital memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.

Dalam melakukan tugas itu, seorang SEO specialist perlu mempersiapkan strategi yang tepat mulai dari meneliti seperti siapa yang menjadi kompetitor, kemudian meneliti berbagai kata kunci yang bisa dioptimasi, menulis konten artikel, dan masih banyak lagi.

4. Web Development
Skill yang satu ini adalah satu kemampuan dalam membangun, memelihara dan mengembangkan suatu website. Orang-orang yang punya kemampuan ini disebut juga dengan web developer. Web developer ini sendiri juga punya berbagai jenis, yaitu front-end developer, back-end developer, full-stack developer, dan mobile developer. Banyak perusahaan yang mempekerjakan seorang web developer untuk melakukan ekspansi bisnis ke ranah digital. Dengan bantuan dari web developer, perusahaan bisa membuat dan mengembangkan produk digital yang dimiliki.

So, skill mana nih yang BNI Hi-Movers sudah kuasai? jika belum, tertarik coba mempelajari yang mana? skill-skill diatas tentu saja dapat meningkatkan kinerja kamu di kantor terkait dunia digital, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Sehingga pekerjaan tim pun akan semakin berjalan efektif.

SHARE: