img

Netflix Tak Larang Pengguna Berbagi Password, Tapi Ada Biaya Tambahan

BNI Hi-Movers, sebelumnya sempat ramai beredar kabar jika Netflix melarang penggunanya untuk berbagi password di tahun 2023. Apakah kabar tersebut jadi diterapkan?

Dilansir dari Kompas.com, berdasarkan laporan keuangan perusahaan pada kuartal I-2022, Netflix pernah kehilangan 200.000 pelanggan berbayar di seluruh dunia. Penurunan jumlah pelanggan berbayar ini merupakan yang pertama kali terjadi dalam 10 tahun terakhir. Terakhir kali Netflix kehilangan pelanggannya adalah pada Oktober 2011.

Dalam surat tertulis yang ditujukan kepada pemegang saham Netflix, password sharing menjadi faktor utama yang membuat Netflix rugi. Pada kuartal I-2022, Netflix memperkirakan ada 222 juta rumah tangga yang membayar untuk mengakses layanan video-on-demand miliknya.

Namun di sisi lain, akses akun Netflix itu juga dibagikan kepada lebih dari 100 juta rumah tangga tambahan, melalui kebiasaan berbagi akun. Hal ini menyalahi kebijakan Netflix yang memperbolehkan berbagi akun ekstra untuk keluarga, namun melarang praktik berbagi akun dengan cara lain.

Dari situlah Netflix merencanakan pungutan biaya tambahan bagi pengguna yang sering berbagi akun di luar keluarganya, untuk menonton film di Netflix. Kebijakan ini diambil menjelang akhir kuartal pertama (Q1) 2023. Hal itu diumumkan perusahaan dalam laporan pendapatan, Kamis (19/1).

Belum jelas berapa harga yang diminta Netflix kepada para penggunanya. Namun mereka berharap tidak ada reaksi pembatalan langganan dari pengguna dan menghasilkan peningkatan pendapatan. Netflix juga tidak merinci kebijakan itu akan diterapkan kapan. Jika melihat imbauannya, penghujung kuartal satu di tahun ini berarti Maret 2023.

Netflix juga akan mengeluarkan alat baruyang bisa membantu pengguna untuk mengelola perangkat dari jarak jauh. Fungsinya, mengelola akun sekaligus mengeluarkan teman atau anggota keluarga yang tidak diinginkan dari akun kamu.

Perusahaan juga sudah menguji beberapa cara dalam kebijakan berbagi kata sandi di Amerika Selatan, di antaranya di Chili, Kosta Rika, dan Peru. Netflix akan meminta pelanggan membayar sub-akun tambahan jika terdeteksi ada seseorang menggunakan akun tersebut tinggal di luar rumah mereka.

SHARE: