img

Car Free Night Akan Berlaku di Jakarta pada Malam Tahun Baru 2023

BNI Hi-Movers, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menerapkan kebijakan bebas kendaraan bermotor (Car Free Night) saat perayaan malam tahun baru 2023. Rencananya, Car Free Night akan berlangsung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, mulai Sabtu (31/12/2022).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya berencana membuka 40 kantong parkir untuk mengantisipasi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Meski begitu, ia belum memberikan rincian titik-titik kantong parkir yang disediakan di dekat Jalan Sudirman-Thamrin. "Kami juga akan lakukan rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi. Khusus sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin kami ploting 144 personel," ujar Syafrin dalam keterangan tertulis (20/12/2022).
 

Rencananya, perayaan malam tahun baru di Jakarta Pusat dipusatkan di Thamrin. Selain itu, di sepanjang jalan strategis tersebut juga akan dibangun panggung hiburan "Pada 31 Desember akan ada Car Free Night, di sana ada beberapa panggung berjarak yang didirikan kolaborator,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Andhika Permata dalam kesempatan berbeda.

Untuk memfasilitasi warga yang ingin menggunakan angkutan umum saat malam pergantian tahun, Dishub DKI akan memperpanjang jam operasional. Pada hari kerja, MRT Jakarta beroperasi hingga pukul 24.00. "Angkutan umum untuk MRT itu dioperasionalkan sampai pukul 02.00. Sementara kita pahami untuk layanan Transjakarta ini sudah beroperasi 24 jam," tuturnya.

Sementara itu, untuk pola operasional Transjakarta telah berlaku 24 jam. Namun, Syafrin mengatakan, pola operasi rute Transjakarta mungkin akan mengalami penyesuaian. Sebab, kemeriahan acara tahun baru akan terpusat di titik-titik yang dilalui oleh Koridor 1 Blok M-Kota.
 
"Memang pada saat melakukan car free night sifatnya untuk koridor 1 Blok M-Kota ini situasional. Begitu terpantau di 7 atau 9 titik acara ada keramaian yang kemudian sulit dilalui Transjakarta tentu koridor Blok M-Kota akan dilakukan rerouting. Jadi dari arah utara setelah masuk Jalan Hayam Wuruk melintas di Halte Harmoni ini langsung bisa belok kanan ke Jl Suryopranoto, Balikpapan via Caringin kemudian Tomang belok kiri, S Parman-Gatot Subroto-Semanggi langsung masuk ke Sudirman menuju ke Blok M, demikian pula arah sebaliknya," jelas Syafrin.
 
Dishub DKI, lanjut Syafrin, bakal melakukan pemantauan terhadap operasional rute ini termasuk kepadatan pengunjung.
 
"Ini kami akan memonitor tetapi upayakan layanan Transjakarta tetap beroperasi normal. Demikian untuk MRT di bawah tanah tentu tidak akan ada gangguan. Jadi masyarakat bisa turun di, contoh yang dari arah selatan bisa di Stasiun ASEAN, kemudian bisa melanjutkan dengan layanan MRT untuk sampai ke kawasan Bundaran HI atau di Sudirman-Thamrin," imbuhnya.
SHARE: