img

BNI Salurkan KUR ke Pelaku UMKM di Jayapura, Wapres Serahkan Secara Simbolis

Rommy - Kantor Wilayah 16

BNI menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 100 juta kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jayapura, Papua.

Penyaluran KUR UMKM tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Mahmuda, pengusaha perdagangan kelontong di Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Selasa (29/11/2022).

Pemimpin BNI Wilayah 16 - Tanah Papua, Ariyanto Soewondo Geni mengungkapkan, BNI selaku salah satu bank penyalur KUR berupaya membantu pelaku usaha terutama di sektor produktif untuk meningkatkan usahanya agar lebih berkembang selaras dengan program-program pemerintah untuk lebih meningkatkan UMKM.

Berdasarkan data KUR yang telah disalurkan BNI Wilayah 16 - Tanah Papua, hingga 25 November 2022 tercatat Rp 381 miliar (1.439 penerima KUR), yang diberikan ke Provinsi Papua Rp 224 miliar (830 penerima KUR) dan Papua Barat Rp 157 miliar (609 penerima KUR).

"BNI akan membantu para pengusaha yang ingin mendapat KUR dengan melakukan pendampingan dan penyaluran pembiayaan, sehingga apa yang menjadi ketentuan bagi penerima dapat terpenuhi dan terbanyak bergerak di bidang perdagangan, restoran, dan hotel," kata Ariyanto.

Ariyanto menambahkan, selain menyalurkan KUR, BNI juga memiliki BNI Agen46 yang merupakan mitra BNI yang menyediakan berbagai jasa keuangan seperti transaksi perbankan, fitur pembelian, dan pembayaran kepada masyarakat, terdapat kurang lebih 200 transaksi perbankan yang dapat dilakukan di BNI Agen46. Dengan menjadi BNI Agen46 akan mendapatkan keuntungan tambahan dari berbagai macam transaksi yang dilakukan. Selain itu, usaha dapat berkembang yang semula hanya berjualan barang- barang kebutuhan sehari-hari, dengan menjadi BNI Agen46 maka dapat melakukan transaksi perbankan dan melayani masyarakat sekitar serta menggantikan peran BNI di daerah-daerah yang belum terdapat outlet BNI.

“Saat ini BNI Wilayah 16 memiliki 3.968 BNI Agen46 yang tersebar di Tanah Papua, serta banyak reward atau hadiah yang disediakan BNI setiap tahun kepada BNI Agen46, contohnya tahun ini hadiah utamanya satu unit mobil,” sebutnya.

Sementara itu, Mahmuda, salah satu penerima KUR BNI yang juga merupakan BNI Agen46 mengungkapkan rasa syukurnya karena usaha yang digeluti makin berkembang, dari yang semula hanya berjualan kebutuhan pokok, kini dapat melayani transaksi perbankan untuk masyarakat di wilayahnya.

"Dengan mendapat KUR maka sangat membantu mengembangkan usaha. Saya juga sangat bersyukur semenjak menjadi BNI Agen46 penghasilan saya terus bertambah sehingga saat ini saya sudah bisa membangun rumah dan tempat usaha sendiri,” katanya.

SHARE: