img

Tingkatkan Kinerja BUMN, Buku Panduan AKHLAK Culture Journey Resmi Diluncurkan

BNI Hi-Movers, Perilaku atau AKHLAK menjadi salah satu poin penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan tak terkecuali perusahaan-perusahaan di bawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk itu, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN meluncurkan buku panduan pelaksanaan AKHLAK Culture Journey dengan tema Bersama Membangun dan Menjaga Akhlak. Buku ini diluncurkan sebagai bentuk pelaksanaan AKHLAK yang nantinya akan berbuah pada kinerja BUMN yang semakin baik. Buku tersebut pertama kali diluncurkan pada 1 Juli 2020 dan menjadi milestone transformasi budaya BUMN hingga saat ini.

Peluncuran buku panduan pelaksanaan AKHLAK tersebut ditandatangani oleh 12 perwakilan BUMN, di antaranya adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sebagai perwakilan dari BUMN klaster keuangan yang ditandatangani langsung oleh Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom.

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengungkapkan, buku ini bukan hasil karya dari Kementerian BUMN melainkan dari tim task force untuk menjadi pedoman kinerja BUMN.

“Ini bukan arahan dari atas, buku ini merupakan hasil ramuan dari brainstorming dari task force yang menurut saya ini luar biasa karena dari berbagai macam sektor, ini merupakan produk bersama menjadi kebanggaan bersama,” kata Tedi dalam sambutannya, Senin (28/11).

Menurutnya, buku ini merupakan identitas dan juga perekat budaya kerja untuk menunjang performa bisnis secara berkelanjutan yang harus dimaknai mendalam bahwa AKHLAK merupakan kunci untuk menjadikan kinerja BUMN menjadi lebih baik.

“Ini nanti menjadi perubahan perilaku semua insan BUMN bukan hanya karyawan tapi corporate culture dari atas sampai bawah sehingga bersatu padu, ini merupakan kesempatan yang baik untuk me-remind teman-teman dalam dua tahun terakhir,” ucapnya.

Menurut Tedi, pelaksanaan buku ini terus berkembang hingga ke tahun-tahun berikutnya hingga bisa menjadi panduan praktis bagi insan BUMN.

“Peluncuran buku ini adalah salah satu milestone yang kita tunggu, silakan BUMN-BUMN kita mulai journey dari berbagai macam awalnya tapi ujungnya satu yaitu peningkatan kinerja,” kata Tedi.

Pihaknya berharap, melalui perbaikan akhlak yang berpanduan pada buku tersebut, kinerja BUMN bisa semakin baik sehingga bisa bersaing dengan BUMN-BUMN di kelas internasional.

“Ada yang sudah memasukkan behaviour ke salah satu KPI kinerja, mau enggak mau ini yang perlu kita tingkatkan. Kita lihat Fortune 500, lihat ke report-nya, mereka lebih banyak bicara value perusahaan, corporate culture, kita ingin lebih banyak BUMN masuk Fortune 500, dengan berbekal buku panduan ini, kita seragamkan apa yang menjadi journey kita ke depan sehingga maju sebagai BUMN group,” tandasnya.

SHARE: