img

BNI Kembali Raih Penghargaan Gold Rank di ASRRAT 2022

BNI Hi-Movers,

BNI berhasil meraih penghargaan Gold Rank dalam ajang Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2022 yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR) di Jakarta (24/11). Pencapaian tersebut semakin mengukuhkan peran BNI sebagai perusahaan BUMN dalam penerapan keuangan berkelanjutan di Indonesia.

Penghargaan ASRRAT 2022 ini didapat berkat komitmen perseroan dalam menjalankan bisnis berdasarkan prinsip berkelanjutan. Penerapan ESG juga dilaporkan melalui Sustainability Report secara transparan dan akuntabel.

ASSRAT merupakan kegiatan penganugerahan penghargaan kepada lembaga yang berhasil mengkomunikasikan kinerja keberlanjutan kepada pemangku kepentingan melalui laporan berkelanjutan dengan baik.

Sebagai salah satu ‘First Mover on Sustainable Finance’ di Indonesia, secara umum BNI telah melakukan upaya untuk menjaga kondisi lingkungan, mengendalikan emisi dan pengelolaan energi yang sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Kontribusi BNI secara langsung adalah dengan memberikan pembiayaan kepada sektor ramah lingkungan, patuh pada peraturan lingkungan serta meningkatkan kinerja lingkungan dan sosial.

Corporate Secretary BNI, Bapak Okki Rushartomo, mengatakan BNI terus berupaya untuk mengimplementasikan pilar-pilar keberlanjutan Environtmental, Social & Governance (ESG) atau disebut juga dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Berbagai upaya untuk mendukung penerapan SDGs dan membangun bisnis berkelanjutan dengan melakukan sinergi antara aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial, dan tata kelola ke dalam proses perbankan.

Ditambahkan, implementasi keberlanjutan BNI dilakukan melalui lima pilar Keberlanjutan yang menjadi strategi yaitu BNI untuk Indonesia, BNI untuk Pelanggan, BNI untuk Lingkungan, BNI untuk Masyarakat dan BNI untuk Pegawai.

Okki juga menyampaikan bahwa BNI telah membukukan sustainable portofolio per 3Q 2022 sebesar Rp176,4 Triliun atau 28,5% dari total pinjaman (bank only). BNI juga telah menerbitkan terbitkan green bond atau obligasi berwawasan lingkungan dengan jumlah pokok Rp 5 triliun pada tahun 2022.

Di luar itu, Okki menuturkan penerapan prinsip keberlanjutan juga tercermin dari diversitas gender karyawan BNI, yang mana porsi wanita telah mencapai 52%. Keberadaan wanita di top manajemen juga telah mencapai 30%.

"Artinya kesempatan berkarier wanita di BNI sama besarnya dan bahkan lebih potensial dibandingkan dengan kaum lelaki. Ini tentunya sangat baik bagi penciptaan iklim kompetisi yang sehat di internal Perusahaan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Okki menyampaikan BNI telah melaksanakan berbagai program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat baik dari sisi literasi keuangan, pemberdayaan anggota keluarga, kesehatan, serta pelatihan bercocok tanam bagi para petani.

"Kami juga memiliki program bantuan pendidikan, Rumah BUMN, serta pendampingan pengembangan komunitas dengan alokasi dana yang sangat suportif," tuturnya.

Pencapaian lainnya terkaiit ESG antara lain adalah BNI memperoleh rating A pada ESG Rating dari MSCI (last update Okt 2022), Top 3 dalam MSCI Indonesia ESG Leaders Index, rating Medium Risk dari Sustainalytics ESG Risk Rating serta IDX ESG Leader Index (Period 21 Sept 2022 sd. 14 Maret 2023)

SHARE: