img

Mantul! Program KAWAN BNI Sabet Penghargaan Khusus di Anugerah CSR Terbaik IDX Channel 2022

BNI Hi-Movers, patut bangga nih kita, lagi-lagi BNI menambah deretan prestasi. Kira-kira apa nih prestasi yang diraih BNI kali ini?

Yes, BNI meraih penghargaan Kategori Special Awards Korporasi “Economic Development Initiatives”. Program yang berhasil meraih penghargaan ialah Kawasan Wisata Anak Negeri (KAWAN). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Peneliti Strategi Transformasi dan Informasi PPM Manajemen Wahyu T Setyobudi yang sekaligus sebagai dewan juri.

IDX Channel menggelar event Anugerah CSR IDX Channel 2022 dengan mengangkat tema “Orchestrating Integrated CSR Initiatives to Accelerate Economic Recovery”. Acara tersebut dilaksanakan Rabu, 9 November 2022 di MNC Conference Hall, iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Anugerah CSR IDX Channel merupakan ajang penghargaan tahunan di bidang CSR bekerja dengan sejumlah asosiasi CSR dan lembaga pendidikan. Tahun ini, Anugerah CSR IDX Channel diikuti puluhan perusahaan yang mengusulkan 60 program CSR.

Acara ini dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Jeffrey Hendrik, Direktur Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Supranoto Prajogo, Direkur Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) Umi Kulsum. Sejumlah direksi perusahaan juga hadir dalam event itu.

Adapun Dewan Juri Anugerah CSR IDX Channel 2022 terdiri atas Wahyu T Setyobudi, Peneliti Strategi Transformasi dan Inovasi PPM Manajemen; Mas Achmad Daniri, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia 1999-2002 dan kini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi GRC Indonesia; serta Mahir Bayasut, Ketua Umum Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesia.

Proses seleksi Anugerah CSR IDX Channel 2022 berlangsung sejak 20 Oktober 2022, dengan melalui berbagai tahapan. Tahapan pertama, pengundangan perusahaan. Tahapan kedua, seleksi berkas dan form dari perusahaan. Setiap berkas yang diajukan diseleksi terlebih dahulu, sebelum maju tahap selanjutnya. Tahapan ketiga, Audiensi Virtual dengan juri. Tahap keempat, penilaian final.

KAWAN merupakan bentuk kontribusi BNI terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya yang berlokasi di Destinasi Wisata di Indonesia. Melalui program KAWAN, wisata berkelanjutan berbasis komunitas dapat berkembang dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. Program KAWAN memiliki tujuan agar wisata berkelanjutan berbasis komunitas dapat berkembang dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, dengan fokus pada tiga area yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), tata kelola, dan produk.

Selama tahun 2022, BNI fokus menjalankan Program KAWAN di tiga lokasi yaitu Desa Cunca Wulang Labuan Bajo, Desa Kuta Lombok dan Desa Marinsow Likupang. BNI berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat lokasi Program KAWAN agar dapat mengembangkan daerahnya masing-masing 2 hingga 3 tahun ke depan. BNI akan berangkat dari pengembangan masyarakat (people) hingga atraksi desa (product) dan inovasi produk lokal lainnya yang berujung pada daya tarik dan kinerja ekonomi masyarakat di lokasi program KAWAN BNI secara berkelanjutan.

Homestay di Desa Kuta Mandalika telah menjalin kolaborasi dari sisi pemasaran dengan platform Booking.com dan Traveloka. Kerja sama tersebut merupakan inisiasi langsung dari masyarakat Desa Kuta Mandalika agar pemasaran homestay mereka dapat dilakukan melalui media digital.

Pada area homestay, pihak pengelola dari BNI aktif melakukan bentuk kolaborasi melalui kerja sama dengan Dinas UMKM untuk pengembangan atraksi berupa produk-produk lokal yang lebih baik.

Daftar Penerima Anugerah CSR IDX Channel 2022:

Perorangan:
Visionary Leader in Orchestrating Sustainable CSR Innitiatives
Menteri BUMN, Erick Thohir

Outstanding Strategic CSR Leader:
Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan

Penerima Pengharagaan:
Kategori Environmental Development Initiatives:
1. PT Bank Central Asia Tbk
2. PT Bank Danamon Indonesia Tbk
3. PT Wijaya Karya Beton Tbk
4. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Kategori Economic Development Initiatives:
1. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
2. PT PLN (PERSERO)
3. MIND ID
4. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
5. PT Adhi Karya (Persero) Tbk.
6. PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance)
7. PT Vale Indonesia Tbk

Kategori Social Development Initiatives:
1. PT United Tractors Tbk
2. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
3. PT Bank CIMB Niaga Tbk
4. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
5. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk
6. PT Bank JTrust Indonesia Tbk

Kategori Khusus Economic Development Initiatives:
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Kategori Khusus Social Development Initiatives
PT Jakarta Infrastruktur Propertindo

Penerima Piagam:
Kategori Environmental Development Initiatives:
1. PT Sharp Electronics Indonesia
2. PT Waskita Beton Precast Tbk

Kategori Economic Development Initiatives:
1. PT Tera Data Indonusa Tbk
2. Bank Sulselbar
3. PT Bank Aladin Syariah Tbk
4. PT Phapros Tbk

Kategori Social Development Initiatives:
1. PT Bank BTPN Tbk
2. Pacific Life
3. PT Bank Sinarmas Tbk
4. PT Mark Dynamics Indonesia Tbk
5. PT Lippo Cikarang Tbk
6. PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia

SHARE: