img

Siasat Sediakan Waktu Olahraga untuk Kamu yang Punya Waktu Sedikit!

Hi BNI Hi-Movers, bekerja serta rutinitas sehari-hari selalu membuat kita sering lupa menjaga vitalitas tubuh dengan berolahraga. Aktivitas olahraga pun tak jadi prioritas, padahal efeknya jangka panjang bagi tubuh.

Menyempatkan waktu untuk berolahraga di tengah kesibukan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Dengan konsisten berolahraga dapat meningkatkan kualitas hidup dari segala aspek, mulai dari menjaga kesehatan fisik hingga mental.

Seringkali orang merasa bahwa olahraga membutuhkan waktu yang banyak, padahal dengan diimbangi pengetahuan yang mumpuni sangat mungkin bagi kita untuk berolahraga secara efektif tanpa memakan banyak waktu.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk memastikan keefektifan berolahraga meskipun dilakukan dengan waktu yang terbatas.

Frekuensi

Kamu bisa memulai dengan menentukan frekuensi olahraga yang akan kamu lakukan dalam satu minggu. Mulai dengan perlahan, dan tingkatkan seiring waktu. Misalnya. mulai dari 1-2 kali seminggu dan tingkatkan menjadi 4-5 kali.

Intensitas

Parameter intensitas adalah ukuran seberapa sulit olahraga yang akan kamu lakukan. Sesuaikan intensitas dengan kemampuanmu, karena olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan cedera. Mulailah dari level yang dirasa nyaman lalu tingkatkan secara bertahap.

Waktu

Durasi olahraga harus disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti kebugaran tubuh, usia, berat badan, kesehatan, dan banyak lagi. Sesuaikan durasi olahraga dengan kemampuanmu, jika ingin menambah durasi sebaiknya dilakukan ketika sudah siap. Mulai dari peregangan pagi, selama 15 menit lalu tambahkan durasinya sekitar 30 menit.

Persiapan

Sebelum mulai berolahraga, penting untuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk memperlancar kegiatan olahraga. Pastikan kamu mempunyai outfit dan alat-alat yang tepat untuk menopang kegiatan olahraga kamu. Hal ini juga akan menjadi motivasi agar rutin berolahraga karena sudah " berinvestasi" dengan membeli banyak peralatan.

Jenis olahraga

Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, kegemaran, dan tujuan kamu. Bagi Sahabat Dream yang masih pemula, sebaiknya mulai dari olahraga yang paling ringan, menyenangkan, dan nyaman. Bisa dengan jalan kaki di sekitar rumah atau sediakan waktu 30 menit untuk olahraga di rumah melalui YouTube.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa usia dewasa dan tua sudah terlalu terlambat untuk melakukan olahraga, namun hal itu tidak benar. Setiap olahraga yang dilakukan akan bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. World Health Organization (WHO) merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang (atau 75 menit intensitas kuat) setiap minggu, juga setidaknya dua hari aktivitas penguatan otot.

Selain menjaga agar tubuh tetap fit, olahraga juga akan membuat pikiran akan menjadi sehat. Yuk, mumpung akhir pekan kita gunakan waktu kita untuk olahraga. Jangan cuma selonjoran sambil buka sosmed doang yaa BNI Hi-Movers!

SHARE: