img

Rute Kereta Api Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Enam Hari!

Hi BNI Hi-Movers, diantara kalian siapa yang senang traveling menggunakan kereta api? Banyak alasan kenapa orang lebih memilih perjalanan menggunakan kereta api, termasuk karena alasan aman dan pastinya dapat melintas dengan bebas tanpa ada khawatir terjebak macet atau terkena lampu merah.

Perjalanan menggunakan kereta api juga lebih romantis karena menawarkan pemandangan menarik. Di Indonesia, KA Krakatau tercatat menjadi kereta api dengan rute terpanjang, yakni 945 kilometer dari Stasiun Blitar hingga Stasiun Merak. Namun, angka itu masih jauh dibawah deretan rute kereta api terpanjang di dunia berikut ini:

California Zephyr

Dikutip dari News18, kereta dengan rute Chicago ke San Francisco ini adalah yang terpanjang di Amerika Serikat dan memakan waktu lebih dari dua hari sekali jalan. Perjalanannya kira-kira sejauh 3.920 kilometer, melewati Rockies, lereng barat Colorado, dan Sierra Nevadas. Tentu saja, ruti ini menawarkan beberapa pemandangan indah di sepanjang jalan.

Vivek Express, India

Kereta di India yang membentang antara Dibrugarh di Assam ke Kanyakumari di Tamil Nadu menempuh jarak yang sangat jauh. Sebab, Vivek Express menempuh perjalanan dari ujung timur laut negara itu ke ujung yang benar-benar selatan. Panjang perjalanan mencakup 4.154 kilometer dan melewati 57 stasiun. Menempuh perjalanan ini adalah cara yang bagus untuk mengamati lanskap dan budaya India yang berubah dari masa ke masa.

Canada

Petualangan tiga hari ini membawa kamu melewati Kanada dan pemandangannya yang menakjubkan. Dimulai di Toronto dan berakhir di Vancouver, menempuh jarak kira-kira 4.460 kilometer dan kemungkinan besar kamu akan menatap keluar jendela sepanjang waktu. Ada tiga kelas kereta yang bisa dipilih, yaitu ekonomi, sleeper plus, dan prestige.

Eastern and Oriental Express

Jika kamu adalah penggemar budaya Asia Tenggara dan merencanakan perjalanan individu ke negara-negara ini, kamu dapat memilih Eastern & Oriental Express. Ini merupakan kereta mewah yang akan membawa Anda dari Singapura, melalui Malaysia ke Thailand dalam rentang waktu perjalanan empat hari lamanya.

The Indian Pacific, Australia

Kereta ini melintas dari Perth ke Sydney, Australia dalam waktu empat hari tiga malam. Kereta akan berhenti di Adelaide, kota hantu Cook, dan Broken Hill (koloni seniman yang pernah menjadi kota pertambangan). Dari dalam kereta, kamu dapat melihat pedalaman Australia serta hutan dan air terjun Blue Mountains.

Trans-Siberia Express, Rusia

Ini merupakan kereta api dengan rute terpanjang di dunia yang menempuh perjalanan dari Moskow ke Vladivostok. Perjalanan kereta memakan waktu enam hari dan melewati beberapa zona waktu. Ini menghubungkan Rusia barat ke timur jauh negara itu. Kamu akan memulai perjalanan dari Moskow dan tiba di Vladivostok setelah enam hari, dengan jarak sekitar 9.250 kilometer. Sebagai gambaran, panjang seluruh rel kereta api di Indonesia adalah 6.497 kilometer pada 2021.

Itulah beberapa rute kereta api terpanjang di dunia! Kira-kira BNI Hi-Movers ada yang tertarik untuk mencobanya?

SHARE: