img

Murah Senyum di Tempat Kerja Ternyata Manfaatnya Banyak, Lho!

Hi BNI Hi-Movers, Melemparkan senyum ke rekan kerja, atasan, atau pegawai kantor lainnya merupakan salah satu etika di tempat kerja. Jika kamu tidak tersenyum, kesan bahwa kamu tidak ramah akan timbul. Namun, bukan berarti kamu harus terus tersenyum setiap saat, sampai-sampai harus memalsukan senyuman. Nah, berikut adalah penjelasan seputar senyum ketika di kantor. Simak disini, yuk!

Memberikan senyum secara umum adalah hal yang baik karena dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan personal hingga profesional. Selain itu, tersenyum juga dapat membuat mood-mu jadi lebih baik. Hal ini membantumu ketika menghadapi hari yang berat di kantor.

Menurut Delivering Happiness, selain sebagai mood booster, tersenyum dapat memberikan beberapa manfaat seperti berikut ini.

1. Meningkatkan produktivitas
2. Meningkatkan kepercayaan diri
3. Membuatmu lebih dapat dipercaya
4. Membangun hubungan baik dengan rekan kerja
5. Membuatmu menjadi pemimpin yang lebih baik

Kapan Kamu Harus Senyum di Tempat Kerja?

Meskipun senyum saat di tempat kerja adalah hal yang baik, bukan berarti kamu harus melakukannya setiap saat. Terlebih jika kamu harus memaksakannya, hal tersebut menurut Inc justru tidak membawa manfaat apapun pada dirimu.
Terlalu sering mengumbarkan senyum, menurut Auraglow, membuatmu terlihat naif dan tidak terlihat sebagai seseorang yang berwibawa. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memberikan senyum ketika di tempat kerja?

Berikut beberapa contohnya :

1. Waktu yang tepat untuk senyum di tempat kerja
- Ketika rekan kerja gugup saat memberikan presentasi
Situasi seperti ini adalah momen yang pas untuk memberikan senyum ketika di kantor. Dengan tersenyum, kamu bisa menunjukkan dukungan pada rekan kerja. Alhasil, nanti hubungan kalian juga semakin erat.
- Ketika meminta tolong atau mendapatkan bantuan
Apabila kamu meminta tolong atau mendapatkan bantuan dari rekan kerja, maka jangan lupa untuk menunjukkan rasa terima kasih dengan senyuman. Hal tersebut menunjukkan ketulusan hati yang dapat membuatmu dianggap orang yang baik dan sopan.
- Ketika bertemu dengan rekan kerja baru
Jika ada rekan kerja yang baru bergabung, memberikan senyum kepadanya saat di kantor adalah momen yang pas. Menunjukkan senyum ke orang baru menunjukkan intensi positif dan membantunya merasa rileks di hari pertamanya.

2. Waktu yang tidak tepat untuk senyum di tempat kerja
- Ketika sedang wawancara kerja
Saat sedang wawancara kerja, akan ada kecenderungan untuk menunjukkan diri sebagai seseorang yang ramah dengan memberikan senyuman. Meski begitu, terlalu sering tersenyum ketika wawancara membuatmu dianggap tidak serius bahkan bisa menurunkan performa mu.
- Ketika memberi kabar buruk
Saat harus memberikan kabar buruk, terutama ke atasan, jangan mencoba untuk memberikan senyuman. Selain berisiko untuk menyebabkan kebingungan, hal ini akan membuatmu dianggap sebagai orang naif.
- Ketika sedang menegosiasikan gaji

Simpan senyummu ketika sedang menegosiasikan gaji. Seorang pekerja yang ramah dan sering menebar senyum akan memiliki gaji lebih rendah dibandingkan pekerja yang terlihat lebih tegas.

Itu adalah penjelasan seputar senyum ketika di tempat kerja. Intinya, meski tersenyum adalah hal yang baik, bukan berarti BNI Hi-Movers harus melakukannya setiap saat. Ingatlah bahwa selalu ada momen yang pas untuk tersenyum. Langsung saja baca selengkapnya di eSinergi46!

Well, apakah BNI Hi-Movers adalah salah satu karyawan yang sering dibilang murah senyum saat di kantor? Atau coba tag ke temen kamu yang hobi senyum-senyum di kantor!

SHARE: