img

Cara Praktis untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Simak Disini

Hi BNI Hi-Movers, Kurangnya rasa percaya diri memiliki dampak negatif yang berpengaruh kepada kesehatan hingga gaya hidup kita. Percaya diri adalah perasaan percaya pada kemampuan, kualitas, dan penilaian diri sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri penting untuk kesehatan dan kesejahteraan psikologis. Kendati demikian, rasa percaya diri ini tidak bisa tumbuh dengan sendirinya. Tak jarang, seseorang kesulitan memiliki rasa percaya diri sehingga menemukan beberapa hambatan dalam bergaul.

Ada beberapa tindakan yang lebih praktis dan efektif untuk membangun rasa percaya diri kamu, seperti di antaranya:

1. Menjadi diri sendiri

Berusaha menjadi diri sendiri merupakan cara yang sederhana untuk melatih kepercayaan diri kamu. Jujur tentang jati diri bukan berarti membuka semua kepribadian kamu dengan semua orang yang ditemui. Kamu tetap bisa menyimpan sebagian kepribadianmu hanya untuk orang-orang terdekat saja. "Ketika kamu berhenti menyembunyikan bagian dari diri dari orang lain, kamu akan merasa lebih percaya diri dengan siapa kamu sebenarnya," kata Mr. Houpert.

2. Berolahraga

Berolahraga tidak hanya berkaitan dengan penurunan berat badan atau hal-hal lain yang berhubungan dengan fisik. Berolahraga juga mampu memberikan stimulasi psikologis sehingga meningkatkan rasa percaya diri. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan membantu memerangi depresi hingga kecemasan. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri.

3. Keluar dari zona nyaman

Mencoba sesuatu hal yang baru dan melangkah keluar dari zona nyaman bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Mencoba hal baru kerap diikuti dengan sikap yakin terhadap kemampuan diri. Sisi baiknya, ketika keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru, kamu justru berpeluang untuk memperluas zona nyaman itu. "Jadi, jika kamu meregangkan zona nyaman setiap hari, kamu akan memiliki zona nyaman yang besar dan dapat merasa lebih nyaman bahkan saat berada di luarnya." ucap Mr. Houpert.

4. Mencoba tampil baru

Mengenakan pakaian yang berbeda dapat mendorong diri untuk berpikir atau berperilaku berbeda. Seseorang yang mengenakan jas lab putih menunjukkan perhatian yang lebih fokus. Artinya, ketika orang berpakaian layaknya seorang dokter, mereka berperilaku juga menyerupai seorang dokter. Jika kamu ingin merasa lebih percaya diri, berpakaianlah seperti versi diri kamu sendiri.

5. Berhenti membandingkan diri sendiri

Menurut teori perbandingan sosial, membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal yang wajar. Namun, itu tidak membantu meningkatkan rasa percaya diri. Para peneliti mencatat, ketika orang membandingkan diri mereka dengan orang lain, mereka mengalami kecemburuan. Dan semakin mereka merasa cemburu, semakin buruk rasa percaya mereka terhadap diri sendiri.

Rasa percaya diri juga membantu BNI Hi-Movers untuk berani mengambil risiko dalam hidup sehingga membuat kamu menjadi lebih berkembang. Percaya diri tidak secara ajaib membuat kamu menjadi lebih baik. Namun, percaya diri mendorong kamu untuk lebih berkembang dan berani mengambil risiko untuk mencapai tujuan.

Nah, buat kalian yang kadang suka merasa kurang percaya diri, bisa kalian coba tips di atas! Tapi awas, jangan sampai over PD juga yaa! Dan jangan lupa untuk terus baca eSinergi46 untuk mengetahui info, dan juga tips-tips menarik lainnya.

SHARE: