img

10 Tempat Wisata Bintan yang Wajib Dikunjungi, Ada Treasure Bay

Lokasinya yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia juga menjadi kelebihan tersendiri, khususnya dalam menarik wisatawan mancanegara.

Sebagai informasi, Bintan menjadi salah satu wilayah yang termasuk dalam skema gelembung perjalanan (travel bubble) antara Indonesia dengan Singapura. Skema tersebut telah dimulai sejak Senin (24/1/2022).

Dikutip dari berbagai sumber, Bintan memiliki berbagai tempat wisata yang wajib dikunjungi lho! Ini daftarnya:

1. Pantai Senggiling

Pantai ini mungkin belum seterkenal Pantai Lagoi dan Pantai Trikora, tapi bukan berarti pantai ini tidak menarik BNI Hi-Movers. 

Pantai Senggiling berada di  di Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. 

Jaraknya dari Tanjung Pinang sekitar satu jam berkendara, sayangnya akses jalannya masih terbilang sulit karena wisatawan harus melewati jalan berliku dan curam.

Setibanya di pantai ini, wisatawan bisa menikmati panorama hamparan pasir putih dan deretan batu granit.

2. Pulau Ranoh

Tempat wisata lainnya Bintan yang harus dikunjungi adalah Pulau Ranoh.

Pulau ini menawarkan berbagai aktivitas bagi para pengujungnya. 

Adapun aktivitas yang bisa dilakukan selama liburan adalah memanah, bermain bola, berkemah, naik perahu, snorkeling, memancing, dan mengendarai jet ski

Bagi yang tertarik untuk datang ke tempat ini, lokasinya ada di Dekat Pulau Abang-Besar, Pulau Abang, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

3. Pulau Beralas Pasir

Selain Pulau Ranoh, Pulau Beralas Pasir yang berada di Teluk Bakau, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, juga wajib dikunjungi. 

Pulau yang tidak berpenghuni ini memiliki fasilitas penginapan yang bisa jadi pilihan untuk bermalam, dikutip dari Kompas.com, qisatawan juga bisa mendirikan tenda di area pulau. 

Wisatawan yang ingin berkunjung juga dianjurkan untuk membawa bekal sendiri.

Untuk menuju ke Pulau Beralas Pasir, aksesnya dimulai dari Pos Pulau Pasir Putih. Kemudian dilanjutkan dengan naik speed boat.

4. Treasure Bay

Tempat wisata lainnya di Bintan adalah Teasure Bay. 

Pengunjung bisa menjalani berbagai kegiatan, salah satunya di Chill Cove, dikutip dari Treasure Bay Bintan

Chill Cove merupakan one stop attraction park berisi taman rekreasi dan olahraga untuk segala usia. Wisatawan bisa naik kayak, naik kapal pesiar ponton melalui hutan bakau, dan sewa ATV di darat. 

Adapun wahana terkenal di tempat ini adalah sebuah kolam renang air asin raksasa. Luasnya mencapai 6,3 hektar atau hampir setara dengan 50 kolam olimpiade. Berbagai aktivitas pun bisa dilakukan di kolam ini, di antaranya paddleboard dan jetovator

Lokasinya ada di  Jalan Raja H. No.KM 01, Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

5. Pantai Trikora

Pantai Trikora yang menawarkan panorama pasir putih dan lautan.

Pantai ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang suka berpetualang karena karena garis pantainya sangat panjang, yaitu sekitar 21 kilometer (km). 

Saking panjangnya, pantai ini dibagi menjadi beberapa area. Ada Pantai Trikora 1 hingga Pantai Trikora 5. 

Jaraknya dari pusat kota Tanjungpinang sekitar 50 km dan berlokasi di Kawal, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

6. Vihara Patung 1.000 Wajah

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, atau lebih dikenal dengan Vihara Patung 1.000 Wajah, terletak di Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. 

Memasuki kompleks bangunan, pengunjung akan disambut oleh sebuah patung Buddha setinggi kurang lebih lima meter. 

Meski namanya dikenal sebagai Vihara Patung 1.000 Wajah, sebenarnya jumlah patung di tempat ini tidak sampai 1.000 buah. Namun, jumlahnya mencapai ratusan dan ekspresi patung tersebut tidak ada yang serupa satu sama lainnya. 

Patung di tempat ini merupakan sumbangan dari jemaat, jadi di setiap bagian patung ada sebuah ukiran nama dari penyumbangnya. 

Jam buka Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dimulai pukul 08.00 WIB sampai 17.45 WIB.

7. Air Terjun Gunung Bintan

Wisata alam di Bintan tidak melulu berupa pantai. Ada juga wisata air terjun yang ada di Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.

Air Terjun Bintan atau Air Terjun Gunung Bintan memiliki permukaan yang berundak, serta cocok dijadikan tempat bermain air. 

Dilansir dari Antara, Kamis (25/8/2022), Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Kepulauan Riau, Arif Sumarsono, menyampaikan akan membenahi tempat wisata ini, mulai dari kolam penampungan hingga akses jalan untuk wisatawan.

8. Gurun pasir Busung

Tempat wisata alam yang juga dikenal sebagai Gurun Pasir Bintan ini berupa hamparan pasir dengan luas sekitar 6.000 hektar.  

Selain hamparan pasir, ada pula telaga yang bisa jadi latar foto Instagramable. 
Sebelum menjadi tempat wisata, dulunya Gurun Pasir Busung adalah bekas pertambangan pasir bauksit yang beroperasi pada zaman Presiden Soeharto. 

Tempat ini beralamat di Jalan Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan.

9. Taman Kota Kijang

Taman Kota Kijang berlokasi di Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Dilansir dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, wisatawan bisa menikmati panorama pepohonan dan air mancur di lokasi.

Mereka juga bisa berfoto-foto di sejumlah spot Instagramable, salah satunya di jembatan, atau duduk-duduk santai. 

10. Kampung Wisata Panglong

Terdapat sebuah kampung bernama Panglong di Bintan yang menjadi tempat tinggal suku laut. 

Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa melihat panorama desa di pinggir pantai, serta peninggalan berupa dapur arang.

Dapur arang dulunya digunakan untuk membuat arang, bangunannya memiliki kubah dan sepintas terlihat mirip seperti iglo. Namun, bedanya, dapur arang terbuat dari batu bata. 

Lokasinya ada di sebelah utara Pulau Bintan, tepatnya di Desa Berakit, Kabupaten Bintan. 

Nah, BNI Hi-Movers itulah 10 tempat wisata di kota Bintan yang wajib kalian kunjungi kalau butuh healing melepas kepenatan. Kalian bisa ajak keluarga, pasangan, atau teman-teman untuk menikmati keindahan kota bintan! Jangan lupa abadikan setiap momennya ya, BNI Hi-Movers!
SHARE: